, ,

Fungsi panel synchronizing

Fungsi panel synchronizing.
Ada banyak istilah nama panel dalam dunia listrik. Banyak nama panel berarti memiliki fungsi yang berbeda. Misal panel ATS atau automatik transfer switch, Panel MDP Panel SDP, panel capasitor bank dan panel synchronizing. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas khusus masalah panel syinchronizing ini.

Sesuai namanya panel ini berfungsi untuk mengsinkronkan dua atau lebih sumber energi listrik agar memiliki daya yang sama. Baik itu secara manual atau automatic. Biasanya panel ini di miliki oleh pabrik atau industri-industri besar yang memerlukan daya yang sangat besar.

Jika sebuah pabrik merasa daya dari PLN tidak mencukupi lalu dia menambah daya atau energi dari sebuah genset maka panel synchronizing ini akan mengsinkronkan kedua sumber energi yang berbeda tersebut saat kedua energi tersebut beroperasi secara bersamaan.

Bisa juga di gunakan untuk mengsinkronkan dua atau lebih sumber energi, misal PLN dan genset dua atau tiga unit lebih. Cara pengoprasian panel ini bisa manual dan bisa juga di operasikan secara otomatis. Penampilan dari luar akan terlihat seperti panel-panel pada umumnya. akan tetapi perbedaannya akan terlihat pada banyaknya jumlah komponen panel tersebut.

Pada panel biasa Volmeter cukup satu saja atau maksimal dua, amphere meter tiga, dengan rincian RST, pilot lamp cukup tiga. akan tetapi pada fungsi panel synchronizing komponen bisa bertambah tiga kali lipatnya.

5/5 (1)

Please rate this