, ,

Instalasi solar cell

Energi matahari saat ini sudah semakin banyak diminati oleh masyarakat. Tentunya ini harus di barengi dengan pengetahuan masyarakat yang cukup tentang instalasi solar cell tersebut. Beberapa komponen yang harus ada pada proses instalasi solar cell antara lain:

  • Solar Cell
  • Charge controller
  • Inverter
  • Battery (accumulator)
  1. Solar Cell dapat menghasilkan energi listrik tanpa biaya, dengan mengkonversikan tenaga matahari menjadi listrik. Sel silikon (disebut juga solar cell) yang disinari matahari/ surya, membuat photon yang menghasilkan arus listrik. Sebuah solar cell menghasilkan kurang lebih tegangan 0.5 Volt. Jadi sebuah panel surya / solar cell 12 Volt terdiri dari kurang lebih 36 sel (untuk menghasilkan 17 Volt tegangan maksimun).
  2. Charge controller, berguna untuk mengatur pengaturan pengisian baterai. Tegangan maksimum yang dihasilkan solar cell pada hari yang terik akan menghasilkan tegangan tinggi yang dapat merusak baterai.
  3. Inverter, adalah perangkat elektrik yang mengkonversikan tegangan searah (DC – direct current) menjadi tegangan bolak balik (AC – alternating current).
  4. Baterai, adalah perangkat kimia untuk menyimpan tenaga listrik dari tenaga surya. Tanpa baterai, energi surya hanya dapat digunakan pada saat ada sinar matahari.

Diagram Solar cell Instalation ini terdiri dari panel surya / solar cell, charge controller, inverter, baterai.

61

Dari diagram pembangkit listrik solar cell diatas: solar cell di paralel untuk menghasilkan arus yang lebih besar. Combiner pada gambar diatas menghubungkan kaki positif panel surya/solar cells satu dengan panel surya / solar cell lainnya. Kaki / kutub negatif panel satu dan lainnya juga dihubungkan. Ujung kaki positif panel surya / solar cell dihubungkan ke kaki positif charge controller, dan kaki negatif panel surya / solar cell dihubungkan ke kaki negatif charge controller. Tegangan panel surya / solar cell yang dihasilkan akan digunakan oleh charge controller untuk mengisi baterai. Untuk menghidupkan beban perangkat AC (alternating current) seperti Televisi, Radio, komputer, dll, arus baterai disupply oleh inverter.

No ratings yet.

Please rate this