Komponen Pembentuk Panel ATS

Komponen pembentuk ATS
Komponen pembentuk ATS

Komponen pembentuk ATS

ATS atau automatic transfer switch adalah sebuah panel listrik otomatis yang akan menyambungkan atau memindahkan dari power PLN yang sedang mengalami kegagalan (Mati, Giliran) ke power genset atau generator setting tentunya secara otomatis. Akan tetapi Panel ATS berbeda dengan panel-panel listrik lainnya seperti MDP, Syncornizer, SDP, LVMDP atau panel lainnya.

Berikut adalah komponen atau alat-alat pembentuk panel ATS beserta Fungsinya:

Baca Juga Artikel lainnya: Cara merawat genset agar awet

  • Kontaktor:  Ada dua kontaktor pada sebuah panel ATS KOntaktor untuk PLN dan kontaktor untuk Genset. Kontaktor adalah alat penyambung ON dan Pemutus OFF dalam kontaktor ada sejenis sensor yang akan memberi perintah jika PLN mati maka Kontaktor PLN akan memberi perintah ke KOntaktor genset untuk ON begitu sebaliknya jika PLN hidup kembali KOntaktor Genset akan memberi perintah off dan dan memanggil KOntaktor PLN untuk ON.
  • Timer : Timer adalah alat untuk menghitung/ atau mensetting waktu mau berapa lama jeda antara gagalnya PLN dan hidupnya genset begitu sebaliknya. Biasa settingan jeda waktu antara 3-5 detik.
  • Module : Module adalah komponen pelengkap yang berfungsi sebagai interface screen agar semakin mudah mengoperasikan ATS. Di module ini semua bisa di setting. Jeda waktu, mau di buat manual atau Automatic, mengetahui jumlah bahan bakar dan oli, atau mengetahui  stts genset. Modul juga mampu menjadi penghubung antara genset dengan device lain seperti android, laptop atau PC
  • ACCU atau AKKI atau Batterey: Karena kontaktor di on kan atau dihidupkan dengan arus 12 atau 24 volt maka ATS memerlukan ACCU atau AKKI.
  • Charger : Karena ada ACCU atau Battery yang harus stanby maka di perlukan charger untuk mengisi accu saat accu mulai melemah. Layar module juga di hidupkan oleh batterey ini.
  • Fuse: Fuse adalah alat pengaman agar alat-alat yang hidup dengan daya 12 volt tidak terkena daya 220v langsung saat terjadi ke gagalan system.
  • MCCB atau Breaker: Ini adalah yang paling penting. Fungsi MCCB tentu selain untuk meyalurkan daya juga berfungsi untuk memutus daya utama.

Artikel penting lainnya: Syarat mendapatkan SLO

Demikian Komponen atau alat-alat pembentuk ATS. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda punya pengalaman lain dalam Hal ATS silahkan berbagi dengan Kami,

 

5/5 (2)

Please rate this