Nilai Ohm standar untuk peng” grounding “an

Posted on

Masalah nilai ohm standart memang tidak ada patokan resmi. Namun badan listrik negara mensyaratkan nilai ohm maksimal adalah 5 ohm. Artinya instalasi yang menyertakan grounding maka nilai ohmnya tidak boleh lebih dari 5 ohm.

Di setiap negara mungkin memiliki standart yang berbeda dalam pemasangan atau penentuan nilai ohm untuk grounding instalasi listrik atau instalai surge arester ataupun penangkala petir.

Pemasangan sistem pembumian atau yang lebih dikenal dengan grounding adalah sebagai instalasi pengaman dari arus lebih yang berbahaya bagi manusia maupun peralatan elektronik. Persyaratan nilai ohm standar peng” grounding” anĀ adalah </= 5 ohm, hasil tersebut merupakan standar nasional untuk grounding. Standar lain pada suatu sistem grounding yaitu spesifikasi material untuk kabel penghantar, yaitu memiliki luas penampang >/= 50mm2.

Sehingga dua hal tersebut yang menjadi acuan dan standar awal untuk pemasangan sistem grounding. Acuan dan standar di atas dipergunakan untuk seluruh jenis sistem pembumian yang ada. Tetapi spesifikasi hasil grounding biasa ditentukan oleh pihak customer, dengan berbagai alasan dan kepentingan

No ratings yet.

Please rate this