Listrik Indonesia

Posted on

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Namun sumber daya alam yang melimpah ini belum bisa di manfaatkan secara maksimal. Bahkan yang sudah di kelolapun mengalami ketidak seimbangan dalam pengelolaannya. Ini membuktikan bahwa melimpahnya sumberdaya alam di indonesia tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang memiliki kredibilitas bagus dalam pengelolaan sumber daya alam ini.

Ambil salah satu masalah yaitu sumber daya alam berupa energi. Di indonesia sumber daya alam yang akan menghasilkan energi listrik begitu melimpah dan tidak terhitung. Akan tetapi karena pengetahuan tentang energi ini belum banyak dimiliki oleh bangsa indonesia  di tambah pengelolaan yang buruk  semakin menambah ruwet permasalahan energi di indonesia.

Walau memiliki sumberdaya alam berupa sumber daya energi yang melimpah akan tetapi ada banyak pelosok di indonesia ini yang belum teraliri energi listrik. Padahal Jika kita pikir Indonesia ini begitu sempurna untuk menciptakan dan membuat sumber daya alam menjadi sumber daya energi. Ada banyak sumber daya alam yang bisa di ubah menjadi sumber energi listrik Indonesia yang merupakan bangsa potongan surga ini. Sumber energi tersebut antara lain:

  • Gunung Berapi Aktif. Ada ratusan Gunung berapi yang membentang dari sabang sampai merauke, terutama di pulau Sumatra, jawa, bali, NTT dan NTB juga sulawesi dan Papua. Gunung yang aktif tersebut bisa di manfaatkan menjadi energi listrik tenaga uap.
  • Sinar Matahari. Sumber daya alam lainnya adalah sumber daya alam matahari. Indonesia adalah sebuah negara tropis yang setiap hari dalam sepanjang tahun matahari menyinarinya. Sebuah karunia yang tidak di miliki oleh negara maju seperti amerika, inggris prancis juga jerman.
  • Angin. Indonesia banyak memiliki pesisir pantai yang memiliki yang cukup besar yang bisa untuk menggerakan turbin. Yang akan mampu menghasilkan energi listrik.
  • Sumber daya alam berikutnya adalah sungai. Dengan melakukan pengelolaan yang baik maka sungai dapat diubah menjadi sumber energi yang sangat bagus. Di indonesia pusat listrik tenaga air baru menyumbang 15% dari kebutuhan energi listrik nasional. Padahal kalau di kelola secara maksimal sungai-sungai di Indonesia bisa menyumbang lebih dari 25% kebutuhan listrik nasional.
  • Fosil. Fosil termasuk di dalamnya Batu bara, Minyak bumi dan gas, merupakan sumber daya alam yang menghasilkan energi terbesar di Indonesia. Sekitar 65% kebutuhan energi listrik nasional dipenuhi oleh sumber daya alam berupa fosil. Bahkan indonesia merupakan penghasil batubara terbesar di indonesia.
  • Nuklir. Saat ini Indonesia sedang membuat sebuah rancangan untuk menjadikan nuklir sebagai sumber daya energi utama. Peningkatan kebutuhan terhadap energi listrik yang dari tahun ketahun terus meningkat dan sumber daya fosil yang semakin menipis, suka atau tidak suka bangsa Indonesia melirik energi nuklir menjadi energi masa depan bangsa ini. Riset dan penelitian serta dampak lingkungan, ekonomi,politik terus dikaji. Indonesia berencana pada tahun 2025 Pusat listrik tenaga nuklir sudah di bangun di Indonesia.

Namun sebanyak apapun sumber daya alam yang dapat menghasilkan energi listrik jika tidak di imbangi dengan kesiapan sumber daya alam dalam pengelolaanya makan semuanya akan percuma. Nuklir yang merupakan harapan energi masa depan di Indonesia akan sangat mengkhwatirkan jika itu di bangun di saat mental-mental sumber daya manusianya masih seperti sekarang ini.

Kita yakin dan percaya bahwa anak-anak bangsa di negeri Ini mampu membangun puluhan pembangkit listrik tenaga nuklir ini. Akan tetapi jika kebijakan nuklir masih dihasilkan dari sebuah kebijakan politik yang masih berbau korup dan jahat. Maka sama saja memberikan sebuah pisau tajam kepada balita.

Nuklir bukan lagi sumber energi alternatif,  tetapi akan menjadi sumber energi listrik indonesia yang utama di masa yang akan datang. Akan  tetapi  lima belas sampai dua puluh tahun kedepan kita belum siap untuk menghadirkan sebuah energi yang berasal dari Nuklir. Karena nuklir tidak bisa berada di tangan-tangan manusia yang berwatak jahat dan serakah. Biarkan saja untuk saat ini jatah energi nuklir untuk Indonesia masih berada di tangan Tuhan dan malaikat.

 

No ratings yet.

Please rate this