Tips Hemat Listrik Untuk Pemakaian AC

Sering tak disadari, penggunaan AC berkontribusi besar dalam tagihan listrik bulanan. Pemakaian dalam waktu panjang dan cara kerja AC untuk mempertahankan suhu ruang menjadi alasannya.

Apalagi, hal ini makin diperparah dengan cara penggunaan AC yang salah.

Guna mendapatkan tagihan yang benar-benar hemat optimal setiap bulannya, Anda pun perlu tahu cara mengoptimalkan penggunaan AC sebaik mungkin.

Paling tidak ada dua tips sederhana untuk membuat pemakaian AC jadi lebih optimal. Apa saja?

1. Pastikan ruangan tertutup

Saat menyalakan AC dalam sebuah ruang, pastikan seluruh saluran udara keluar ruangan tertutup seoptimal mungkin. Ruangan yang terbuka lebar akan menyebabkan penggunaan AC tak terasa optimal dampaknya pada suhu sejuk karena udara dingin terus mengalir terbuang ke luar.

Namun yang tak disadari, kondisi tersebut pun membuat kompresor AC akan terus bekerja keras demi mencapai suhu ruang yang diinginkan. Sesuai namanya, air conditioning, kompresor akan terus bekerja untuk mengkondisikan ruang sesuai dengan suhu yang diinginkan.

Bila kompresor terus aktif dan bekerja keras, tentu saja konsumsi daya listrik yang digunakan akan menjadi besar. Inilah yang membuat tagihan listrik menjadi besar.

2. Perhatikan pengaturan tingkat suhu

Kebutuhan listrik juga tergantung pada pengaturan tingkat suhu pada sebuah AC. Semakin rendah suhu yang diinginkan berhubungan dengan tingginya tagihan listrik.

Pasalnya, dengan suhu lingkungan sekitar yang cenderung hangat, pengaturan suhu yang sangat rendah akan membuat kompresor AC bekerja terus untuk mencapainya.

Salah satu pengaturan suhu yang dapat dikatakan ‘aman’ untuk negara tropis seperti Indonesia adalah 24˚C. Kurang dari itu, apalagi di bawah 20˚C, tentu akan membutuhkan daya listrik lebih besar. Sebab, terlalu jauh untuk menyesuaikan dengan temperatur udara di luar.

Kabar baiknya, perkembangan teknologi AC telah menghadirkan AC yang dapat mempermudah Anda dalam mengoptimalkan penghematan listrik. Kabar baik ini datang dari LG dengan AC LG DUALCOOL with Watt Control.

Berbasis teknologi inverter, AC ini mewarisi kemampuan pendahulunya dalam menghemat listrik hingga 70 persen dibanding AC standar.

Namun yang membuatnya lebih istimewa, ada pada benaman fitur Watt Control di dalamnya. Wujudnya berupa empat opsi pengaturan daya listrik. Memanfaatkan fitur ini membuat pengguna AC LG DUALCOOL with Watt Control dapat mengatur AC bekerja dengan 100%, 80%, 60% hingga dengan hanya 40% dari kebutuhan listrik seharusnya.

Sebagai gambaran penggunaan pada kepemilikan AC LG DUAL COOL with Watt Control berkapasitas ½ PK dengan daya listrik 495 watt yang dipasang dengan konsumsi listrik 100%. Sekali tekan pada tombol Watt Control, akan membuatnya berjalan hanya dengan 80 persen daya listrik yang dibutuhkan. Hal ini membuatnya berjalan dengan daya 419 watt saja.

Penghematan 76 watt ini setara dengan besaran daya listrik rata-rata sebuah TV LED 32 inchi. Untuk besar konsumsi listrik yang sama, 495 watt, kini Anda dapat menikmati sejuknya AC sambil menonton TV. Demikian seterusnya penghematan akan semakin besar saat daya listrik diturunkan.

Penggunaan Watt Control pun dapat dioptimalkan dengan memanfaatkan rotasi perubahan suhu sekitar dalam sehari. Saat suhu cenderung sejuk atau malam hari menjelang tidur misalnya, mengatur AC bekerja di bawah kapasitas listriknya akan membawa kenyamanan yang setara dengan pengaturan 100% daya listrik.

Fitur Watt Control benar-benar menaruh kendali hemat energi langsung di tangan penggunanya. Pengaktifan dengan penuh kesadaran maka tak mengurangi kenyamanan penggunaan.

Sumber : liputan6.com

5/5 (1)

Please rate this