07 February 2013

Cara membersihkan saluran pembuangan pada mesin cuci front loading

 

service mesin cuci front loading
saluran buang ditunjukan arah panah
Cara membersihkan saluran pembuangan pada mesin cuci front loding yang saya maksud adalah yang terlatak pada bagian depan karena saluran buang yang berupa selangyang terletak di belakang tak perlu di bersihkan menurut saya, saluran buang dapat dilakukan minimal sebulan sekali.
Mengapa perlu dibersihkan karena sebelum air bekas cucian keluar melalui selang pembuangan terlebih dahulu melalui bagian ini, okey tanpa bicara panjang lebar kita mulai langkah-langkahnya. 


  •  pertama kondisikan mesin dalam keadaan mati.
  • jika dapat anda menurunkan selang pembuangan yang umumnya terangkat keatas sebaiknya jika anda akan membersihkan saluran ini selang pada posisi datar dengan lantai hal ini dimaksudkan supaya sisa air yang masih terdapat pada tabung bisa keluar semuanya sehingga saat membuka bagian depan air sudah tidak keluar pada bagian depan lagi.
  • jika air sudah keluar semua mulai anda membuka pintu saluran dengan cara menekan pada salah satu sisi setelah terbuka anda perhatikan pada mesin cuci keluaran terbaru sudah dilengkapi selang kecil untuk mengeluarkan air dan anda tidak perlu melakukan langkah yang pertama air sisa pencucian cukup dikeluarkan dari bagian depan lewat selang kecil tambahan dengan catatan anda mempersiapkan wadah atau ember untuk menmpung air sisa pencucian.
  • langkah berikutnya adalah membuka penutup dengan cara di putar berlawanan arah jarum jam dan apabila dirasa terlalu susah untuk membuka nya anda dapat menggunakan tang.
  • setelah terbuka anda bisa membersihkan bagian dalamnya dengan lap jika terlihat kotor.
  • pada saluran ini juga terdapat saringan saluran buang atau filter perhatikan saringan ini biasanya koin-koin atau klip dan penitik sering ditemukan, barangkali benda ini terbawa pada saku baju anda  pada saat pencucian.
  • bila terdapat pengendapan bersihkan dengan alat seadanya agar tidak mengganggu pada pompa saluran buang atau sering di sebut Drain Pump yang berfungsi untuk memompa air ke luar dari tabung pada saat proses pencucian.
  • bila sudah dibersihkan kembalikan posisi seperti sedia kala jangan sampai ada yang belum tertutup kembali.
Sumber : http://mesincucifrontloading.blogspot.com/

No comments:
Write komentar