17 December 2013

Peralatan yang disiapkan untuk membuka Service Handphone

 

Peralatan yang harus disiapkan untuk membuka Service Handphone - Hari gini tidak punya handphone ?”, itu adalah celoteh salah satu iklan yang masih saya ingat. Dalam era yang maju yang sudah berkembang pesat seperti sekarang ini, komunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, maka dari itu perangkat memiliki telepon genggam atau HP sudah menjadi hal yang biasa, sehingga bisa dianggap sekarang ini hampir semua orang mempunyai handphone sebagai akses komunikasi. Dari jaman bahula, pertama keluarnya handphone sampai jaman atom nanti, fitur-fitur handphone akan terus bertambah dan berkembang.
 

Nah yang sekarang ini sudah ada smartphone (handphone pintar) yang biasa kita sebut dengan PDA, atau ada juga dari vendor nokia yang mengusung tipe Nokia N-series dengan slogan “computer becomes”. atau Samsung dengan Androidnya.

Ditilik dari hal itu, dari semua peralatan elektronik, pasti ada suatu kesalahan atau kerusakan pada suatu saat oleh karena banyak faktor, oleh karena itu piranti elektronik memerlukan pemakaian sesuai dengan manual user dan apabila terjadi kerusakan, diperlukan perbaikan yang benar.

Oleh karena itu banyak sekali pelatihan-pelatihan secara cepat dalam beberapa minggu atau dalam beberapa hari yang mendidik untuk menjadi teknisi handphone. Biasanya dalam pelatihan-pelatihan tersebut juga menawarkan untuk perlengkapan sebagai teknisi handphone, karena tidaklah tidak mungkin kalau ilmu yang kita dapat setelah mendapat pelatihan handphone hanya kita simpan saja tanpa kita praktekan, apalagi lebih bagus kalau jasa pelatihan teknisi hadphone tersebut mengikutkan program magang atau konsultasi bagi alumni pelatihannya. 

Karena tujuan dari pelatihan sebagai teknisi handphone, supaya mereka yang mengikutinya bisa mempraktekan ilmu yang telah mereka dapat dan lebih bagus lagi kalau bisa membuka wiraswasta teknisi handphone, saya rasa peluangnya masih cukup besar dan menguntungkan asalkan kita dengan tekun dan jujur dalam membuka jasa teknisi handphone tersebut.

Tidak lepas dari itu saya juga masih belajar dalam memperbaiki handphone, sehingga blog ini juga tercipta dari hal-hal yang saya dapatkan saat mempelajari tentang perbaikan handphone. Oleh karena itu saya sangat mendukung adanya pelatihan ataupun sekolah sebagai teknisi handphone.
Ok, langsung saja, sebenarnya apa saja sih perlengkapan yang dibutuhkan untuk bisa menjadi teknisi handphone. Mungkin artikel ini bisa membantu anda.
Power Supply

Sebagai sumber daya saat bagian handphone diperbaiki, secara logika power supply dijadikan pengganti battery handphone anda.

Fitur yang sebaiknya ada:
  • · Voltage dapat dilihat dengan mudah melalui design Dual Digital Display.
  • · Dengan system Multi-Functional Telecom Power Supply.
  • · Dengan Highly Sensitive Electronic Protection untuk melindungi PCB dari kerusakan yang fatal.
  • · Dengan Continuous Adjustablility agar lebih voltage output lebih stabil.

Digital Multimeter

Peralatan yang harus disiapkan untuk membuka Service Handphone
Sebagai alat ukur.
Sebaiknya anda menggunakan multimeter yang tampilannya sudah digital karena pengukuran komponen dan test pada suatu test poin sudah menunjukkan presisi angka yang mendetail.
BGA Multifunctional Repair Platform

Sebagai pencetak komponen-komponen IC,SMD,BGA secara lebih akurat. Penyolderan pada cetakan menggunakan pasta timah.
Fitur yang sebaiknya ada:
· Untuk solder dan pengetesan platform SMD, PCB
· Design dengan Anti Listrik Statik
· Design untuk Ground connection
· Modul posisi BGA secara magnetik
· Model referensi chip yang bervariasi
Welding Remover
Peralatan yang harus disiapkan untuk membuka Service Handphone
Untuk mencopot atau menyolder IC dengan aliran udara panas dari heater yang dikeluarkan oleh blower.
Fitur yang sebaiknya ada:
· Bahan atau elemen material yang mendukung sehingga lebih awet.
· Air flow dan temperatur yang cocok proses soldering dan unsoldering SMD seperti : SOIC, CHIP, QFP, PLCC, IC, BGA, dll.
· Menggunakan design Anti-Static
· Air Flow Rate : 0,3 - 24 L/min
· Heat Element : 50 Watt Metal Heater
· Hot Air Temperature Range : 100°C - 480°C
High Precision Thermostat Soldering Station

Fungsi hampir sama dengan welding remover. Untuk mencopot atau menyolder IC dengan aliran udara panas dari heater yang dikeluarkan oleh blower.
Fitur yang sebaiknya ada:
· Dengan bahan elemen material "Anti-Hot Technology" & "Low Power" sehingga alat ini menjadi lebih tahan lama.
· Dengan cahaya lampu khusus yang tidak melelahkan mata Anda.
· Dengan "Variable and Adjustable Heat Control" yang berfungsi untuk mengontrol temperatur yang dapat di lock, agar panas selalu stabil.
· Heating Element : Ceramic Heater
· Temperature Range : 200 ~ 480 °C
· Temperature Stability : ± 1 °C (no load)
· Tip to Ground Resistance : di bawah 2Ω
· Tip to Ground Potential : di bawah 2mV
Intelligent Frequency Counter

Untuk mengontrol Frequency Counter termasuk Measure Frequency, Measure Period, Check Crystal, Calculation Function yang khusus didesign untuk perbaikan ponsel.
Fitur yang sebaiknya ada:
· Tampilan secara digital atau LCD
· Akurasi penghitungan yang bagus
· Dengan Microcomputer Control yang menggunakan Light Touch Keyboard dan Key Sound Function
· Termasuk Special Test Probe. Dapat menunjukkan Frequency Voltage Peak Value dan Power Value
Ultrasonic Cleaning Machine Sel
Fungsi untuk membersihkan PCB pada handphone lebih cepat dan aman. Cara ini lebih efektif daripada menggunakkan sikat pembersih, merendam dalam cairan pembersih, ataupun melalui penguapan. Dan hal tersebut cukup ampuh untuk membersihkan sampah kotor, ataupun cairan flux, menembus rangkaian pada circuit board dan SMD. Gelombang ultrasonic bergerak dengan solusi pembersihan, melakukan efek cavitasi (cavitation), dengan formasi cepat yang menghasilkan gelembung mikroskopik.
Fitur yang sebaiknya ada:
· Dengan LED digital display status.

· Dengan design somatology.
· Dengan Frekuensi Tinggi untuk pencucian lebih maximal.
Electronic Desktop Lamps dengan Amplifying Lens

Sebagai alat penerangan saat melakukan perbaikan atau test komponen yang biasanya dilengkapi dengan kaca pembesar/lup.
Fitur yang sebaiknya ada:
· Dengan Ring-Formed Electronic Power-Saving Shadowless Bulb, yang berfungsi menghilangkan pantulan lampu ke mata saat Anda bekerja
· Dengan Omni-Directions yang dapat diputar 360° sehingga memudahkan kita bekerja.
Full Skematik + Panduan Cara Repair/Service untuk Berbagai Tipe Handphone

Meliputi wiring diagram, tata letak komponen, panduan service, test poin index, dll.
Buku ini biasanya berukuran A5 dengan gambar dan tipe handphone, ada juga yang berbentuk CD.
Sebaiknya Anda mencari tipe-tipe handphone yang sedang trend atau yang kemungkinan lebih banyak dicari orang handphone secondnya.
Sparepart Handphone
Dalam perbaikan handphone kita juga memerlukan sparepart baik itu layar LCD, speaker, kabel, dll. Anda bisa mendapatkannya bebas di pasaran. Biasanya kalau Anda membeli dalam partai besar maka harga beli akan lebih murah ketimbang secara eceran.
Komputer dan media akses
Peralatan yang harus disiapkan untuk membuka Service Handphone
Sebagai penyimpan data dan proses perbaikan software pada handphone yang rusak. Karena dalam perbaikan handphone, selain bagian hardware adapula bagian software yang rusak karena corrupt atau hang. Untuk itu diperlukan scanning,flasher,dll. Media untuk proses perbaikan software bisa menggunakan Grifin, Tornado, …..
Atau yang lain dengan kabel data, bluetooth atau infrared sebagai media akses. Semoga Tips Peralatan yang harus disiapkan untuk membuka Service Handphone ini, bermanfaat

Sumber : http://www.bengkel.indah.web.id/2007/09/perlengkapan-service-handphone.html

No comments:
Write komentar