07 August 2017

Panduan Cara Memperbaiki Speaker Aktif

 

Macam macam kerusakan speaker aktive - Dilihat dari fungsinya speaker aktive dewasa ini digunakan sebagai media hiburan misalnya, untuk karaoke, memutar mp3, untuk acara persentasi, dll. Permasalahan sering timbul pada speaker aktive pada saat akan digunakan misalnya speaker aktive mati total, mendengung, suara pecah, ada suara desis (nois), suara timbul gangguan lainya.

Apabila kerusakan terjadi pada saat di gunakan maka tidak mungkin langsung membawa ke bengkel. Misalnya pada saat di gunakan untuk acara tertentu tiba-tiba speaker aktif mati total. Pertama, ketika menemukan kerusakan seperti matot, periksa dulu apakah terminal jala-jala PLN dalam keadaan menyadala, dengan cara menyolokan perangkat elektronik lain. Itu kadang kalau menghadapi kerusakan mati bisa membuat ketenangan dalam penanganan.

Jika permasalahan speaker mati tidak teratasi maka harus membawa ke tukang servis speaker aktif. Atau bisa memperbaiki sendiri dengan syarat anda mempunyai multi tester.

Berbagai macam kerusakan speaker aktive dan cara memperbaikinya

Berikut ini saya jabarkan dalam bermacam-macam jenis kerusakan:

1. Speaker aktif mati total

Stelah anda melakukan saran langkah pertama tadi di atas, sekarang kita melangkah ke bagian dalam box speaker aktif. Arahkan multi tester anda ke fungsi pengukuran arus AC. Pastikan perangkat dalam keadaan saklar on, hubungkan striker ke terminal AC. Ukur pada bagian input, tepatnya di ujung kabel yang terhubung ke power suplay. Jika jarum Volt meter AC bergerak ke angka 220 v maka berarti kabel dan saklar normal. Bila yang terjadi sebaliknya ada dua kemungkinan yaitu saklarnya yang mati atau kabelnya yang putus.

Melangkah ke bagian output power suplay. Ukurlah tegangan DC pada out power suplay. Jika ada tegangan namun hanya sedikit coba lepas beban power suplay. Jika setelah dicopot ternyata normal berarti terjadi short circuit bagian power ampli maupun blog tone control. Jika yang terjadi sebaliknya maka bisa jadi power suplay yang bermasalah.

#Power suplai bermasalah
Jika menggunakan trafo coba cek tanpa beban dioada, yaitu posisi AC. Tegangan output trafo AC misalnya 25 VAC keluar,berarti trafo normal. Kemungkinan dioda, coba cek dioda biasanya permasalahan power suplay tidak keluar tegangan bisa jadi adalah dioda bocor atau short.

#Setelah beban power suplay dicopot kok keluar tegangan normal. Yang pertama diperiksa adalah transistor final. Kebanyakan kasus short circuit pada speaker aktif yang menyebabkan hilangnya tegangan disebabkan oleh transistor final yang short ,kadang sampai terbakar. Transistor final biasanya terletak menempel pada pendingin alumunium. Menurut seri yang digunakan tergantung jenis amplifier. Kebanyakan speaker aktif rumahan menggunakan transistor final yaitu tip 41c, 42c. Bahkan speaker aktif sekelas polytron menggunkan jenis tr tip41,42. Jika pasti translator final short ,jangan lewatkan transistor driver c945,a733  biasanya ikut short juga. Dioda bias 4148 jangan dilewatkan pemeriksaan kadang penyebab short transistor final di sebabkan dioda bias terjadi short sehingga terjadi over load pada transistor bufer/driver sehingga mebakar transistor final.

2. Lampu menyala namun tidak ada suara dari speaker

Jika menemui kerusakan lampu menyala namun speaker tidak bunyi,  pertama langkah servis yang harus di tempuh adalah mengecek impedansi speaker, pastikan speaker dalam keadaan menyambung ketika di ukur menggunakan OHM meter. Baru kemudian memeriksa koneksi kabel yang menghubungkan antara speaker dan blok power amplifier.Jika keduanya di pastikan baik maka, cek tegangan power suplay. Kadang ada speaker aktif yang jika tegangan ngedrop langsung protek seperti speaker polytron, sharp, dan jenis speaker aktif yang Power supply menggunakan SPMS/AC METIC.

3. Speaker ada suara namun tidak bisa merespon input

Dengan kata lain bahwa, jika speaker aktif di berikan input dari dvd tidak bunyi meski potensio sudah maksimum. Jenis kerusakan macam ini ada dua masalah yaitu;

#kesalahan Mencolokkan jack input ke soket rca
Jika anda mempunyai spiker aktif dengan gejala ada suara namun tidak merespon input, periksa jack RCA  apakah sudah benar sesuai fungsinya. Biasanya terletak di belakang body speaker aktif. Input, output speaker, output audio. Kesalahan menghubungkan jack ke soket akan berakibat fatal. Yaitu kerusakan akan terjadi pada Sumber input misalnya dvd. Teknik yang digunakan dalam menangani hal ini, jangan hubungkan dulu jak yang menancap pada Sumber input, kemudian hubungkan jak ke soket input speaker aktif. Nyalakan spiker aktif bersamaan dengan itu sentuh ujung jak rca.  Jika ada respon berarti speaker aktif normal. Namun jika tidak merespon sama sekali berarti ada masalah lain. Terkadang soket rca berkarat menyebabkan antara soket dan jak tidak tersambung. Bisa juga input tidak merespon disebabkan oleh selector. Karena sekarang ada fitur mp3 sehingga ada mode aux belum dipogram. Kalau model jaman dulu sebelum menggunakan perangkat mp3, menggunakan selector sistim tombol. Model menggunakan sistim dua in yaitu input dvd dan mp3 tertulis di masing-masing soket. Jadi pastikan saklar slector sudah sesuai dengan soket yang digunakan.

Jika penanganan tidak bisa teratasi dengan cara sederhana di atas maka masuk ke dalam bagian dalam mesin.
➡. Cek soket input apakah ada yang berkarat.
➡. Cek kabel input. Sentuh soket input yang terhubung dengan blog tone control. Bila merespon berarti soket bermasalah.
➡. Sentuh pada bagian tone control. Respon saat di sentuh pada bagian tone kontrol akan menunjukan permasalahan. Bila tidak merespon maka copot resistor output yang menuju blog amplifier. Sentuh input pada bagian input amplifier. Jika ada respon berarti tone control mati.

✔Tone control mati total disebabkan oleh :
Tegangan yang menuju tone control
Cek tegangan penyuplay tegangan tone control. Biasanya untuk jenis speaker aktif kelas menengah kebawah penyuplai tone kontol jadi satu dengan penyuplay amplifier. Namun untuk menyuplaya tone control dibatasi resistor 10-100 ohm.

✔Transistor C945 mati
Kerusakan transistor pada bagian tone kontrol ditandai ketika di sentuh pada bagian blog tone control suar yang dihasilkan cenderung pelan. Dan responya pun ketika disentuh pada bagian tertentu.

✔Variable resistor input mati/volume

Potensio meter rusak di tandai jika disentuh pada bagian input tidak merespon. Namun apabila setelah melewati potensio volume di sentuh ada respon. Untuk memastikan kerusakan potensio meter agar lebih pasti, gunakan ohm meter.

3. Speaker aktif Suara hanya dengung saja

Dengan kata lain, speaker aktif tidak merespon diberi input namun hanya bunyi dengung yang sangat keras sehingga daun speaker menjorok ke depan.

Jika gejala yang ditandai seperti itu kemungkinan adalah rusaknya transistor final, sehingga arus DC bocor ke speaker. Oleh karena itu jika anda menemukan gejala speaker aktif suara hanya dengung keras maka segera metikan perangkat. Jika di teruskan dalam keadaan perangkat menyala maka kemungkinan spoel speaker aakan terbakar oleh arus DC. Perlu anda ketahui bahwa ketika amplifier bekerja nofmal maka arus yang keluar menuju speaker adalah arus  AC.

Langkah pertama yang di tempuh adalah mencopot kabel speaker kemudian di tes menggunakan volt meter DC. Jika jarum tester bergerak berarti menandakan bahwa ada arus DC bocor ke output ampli.

Yang paling sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh arus dc bocor ke output ampli adalah transistor final. Jika parah banget ditandai oleh terbakarnya komponen di blog amplifier.

Untuk mengatasi hal ini ganti semua transistor di blog amplifier. Sperti; TIP41,42C, Bd139,140.,dioda bias, tr A733,C945,,perlu dicek satu persatu agar anda tahu dimana kerusakanya. Nanti akan berguna pada saat menemui kerusakan yang serupa.

4. Speaker aktif cacat treble

Cacat trible ditandai dengan, suara pecah, serak, bunyi grek di twitter. Penyebabnya ada tiga macam yaitu

✔Pertama kerusakan terjadi pada twiter

Untuk memahami kerusakan pada twitter perlu pecobaan dengan cara mencoba twitter ke amplfier lain.

✔Kedua terjdi distorsi audio

Hal ini disebabkan oleh tone control kadang rusak. Atau bisa juga disebabkan oleh capasitor pemfilter tribel biasanya menempel djadi satu di twitter. Capasitor pemfilter nada rendah ini tidak dapat menyaring nada mid dan low yang masuk ke sp twitter. Sehingga terjadi nada low dan mid masik ke twitter. Kemungkinan capasitor kering sehingga menyebabkan short.

✔Ketiga adalah arus dc bocor

Arus dc nocor kadang juga menyebabkan suara yang dihasilkan serak apabila arus yang bocor sedikit.

Pada intinya adalah memperbaiki speaker aktif yang paling sering terjadi kerusakan adalah rusaknya transistor final janis TIP41c, TIP42c dan transistor bagian driver . Namun gejala yang ditimbulkan kadang berbeda-beda.

Silahkan lanjutkan ke; cara servis speakar aktif serak

Itulah beberapa refrensi cara memperbaiki speaker aktif. Semoga berhasil!!!

No comments:
Write komentar