11 July 2020

Penyebab dan Cara Memperbaikinya Remot yang tidak berfungsi

 

Hai sahabat JALI (Jasa Listrik ) , Tidak menjadi rahasia umum lagi, setiap barang elektronik pasti  dilengkapi remote, yang berfungsi untuk mengontrol  dari jarak jauh tanpa harus menekan tombol manual yang ada pada alat tersebut, tetapi terkadang sensor Remot tidak merespon ketika remote dihubungkan ke alatnya. Pada kesempatan ini Kita akan membahas masalah tentang penyebab dan cara memperbaikinya Remot yang tidak merespon, Khususnya untuk TV, tapi bisak juga diaplikasikan untuk barang elektronik yang lain.

Seperti yang kita ketahui, pada setiap tv pasti sudah dilengkapi sensor yang berfungsi untuk merespon sinyal yang dihasilkan dari remote ketika salah satu tombol ditekan, jadi sensor tersebut ada pada tv dan ada juga pada remotnya.

Walaupun sebenarnya pada setiap tv sudah dilengkapi tombol cadangan manual yang bertujuan sebagai pengganti remote jika terjadi kerusakan, tetapi tetap saja kita akan dibuat kelelahan dan jengkel ketika ingin mengganti channel, mengatur volume harus mendekati tv tersebut terlebih dahulu, oleh karena itu Anda harus mengetahui penyebab sensor tv tidak merespon remote.

Penyebab TV Tidak Merespon Remote

Ada beberapa penyebab untuk kasus yang seperti ini, bisa karena masalahnya ada pada remot atau ada pada tv, berikut ulasan lengkapnya:

1. Kerusakan Pada Remote TV


Hal pertama yang harus Anda periksa terlebih dahulu adalah komponen remote, bisa jadi kerusakan bukan terjadi pada mesin TV Anda, karena tidak jarang kerusakan terjadi bisa karena baterao remote habis, atau error karena terkena air, besi penghubung tegangan baterai pada remote berkarat, atau karena salah memasukan kode jika Anda menggunakan remote Multi.

Baterai Habis


Pertama silakan Anda memeriksa tegangan yang tersisa pada kedua baterai yang terpasang, bisa diukur menggunakan multitester analog ataupun digital, tetapi jika Anda tidak memiliki alat tersebut bisa melakukan cara alternatif, yaitu dengan menukar baterai pada jam dinding atau barang elektronik lainnya, jika masih berfungsi berarti tegangan masih ada dan belum habis.

Besi Penghubung Berkarat


Kedua, pastikan juga baterai sudah benar benar terhubung dengan baik dan pastikan tegangan sudah mengalir pada mesin remote, jangan lupa untuk memeriksa bagian besi atau per penghubung apakan berkarat atau tidak, karena jika berkarat akan menghambat arus listrik sehingga menyebabkan remote tidak bergfungsi.

Kode Remote Salah


Ketiga, khusus bagi Anda yang menggunakan remote multi universal yang bisa digunakan untuk setiap merk tv namun harus memasukan kode setiap merk yang ingin digunakan, misalnya, jika TV Anda merk samsung maka Anda harus input kode remote untuk merk samsung, jika salah maka tv tidak merespon remote, jadi pastikan Anda sudah mengetahui kodenya, silakan baca artikel dibawah ini:

Periksa Sensor Remote


Terakhir, Anda dapat memeriksa sensor pada remote apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, sebenarnya ketika tombol ditekan akan mengeluarkan cahaya pada sensor remote tetapi tidak akan bisa dilihat oleh mata telanjang, jadi Anda harus memanfaatkan kamera pada ponsel.


  1. Buka kamera pada ponsel Anda.
  2. Arahkan sensor remote ke kamera.
  3. Tekan salah satu tombol pada remote.
  4. Jika sensor berfungsi akan terlihat cahaya pada layar ponsel Anda ketika salah satu tombol remote ditekan.


2. Kerusakan Pada TV


Penyebab kedua, jika Anda sudah memastikan bahwa remote tidak bermasalah dan masih berfungsi dengan baik berarti kerusakan ada pada TV sehingga tidak merespon remot, berikut beberappa kerusakan yang sering terjadi.

Sensor TV Rusak


Jika Anda belum berpengalaman mengenai komponen pada mesin tv, saya tidak menyarankan Anda untuk mengikuti langkah langkah yang akan diberikan, karena mungkin beresiko tinggi jika diperbaiki tanpa dibekali keahlian dalam bidang ini, jadi solusinya silakan konsultasikan pada teknisi yang berpengalaman, tetapi kesimpulannya silakan Anda mengecek sensor tv atau lebih baik diganti saja.

Kerusakan Komponen Lainnya


Biasanya tidak jauh dari komponen yang masih berdekatan dengan sensor tv, jadi Anda harus mengurut setiap komponen yang masih ada kaitannya dengan hal tersebut, selain pada sensor bisa jadi pusat kerusakan ada pada IC Program yang lemah dan harus diganti.

Saya rasa sudah cukup beberapa penyebab tv tidak merespon remote beserta solusi untuk memperbaikinya, semoga artikel yang saya buat ini dapat membawa manfaat untuk Anda dan pembaca lainnya, jangan tinggalkan artikel menarik lainnya hanya di JandelaTV, terimakasih sudah berkunjung, salam Teknisi...

No comments:
Write komentar